Benarkah Jengkol Bisa Bikin Kamu Langsing?

PERSEPSI.ID, Jakarta – Memiliki tubuh langsing dan ideal menjadi dambaan setiap manusia. Hal ini karena pandangan umum di masyarakat yang mengatakan bahwa definisi cantik atau ganteng itu ketika kita memiliki tubuh yang langsing. Ungkapan itu tidak selalu benar, tapi kenyataannya memang demikian. Maka tak jarang mereka melakukan apa saja agar terpenuhi apa yang diinginkan.

Foto: thesun.co.uk

Tidak perlu bingung apalagi stres jika menghadapi situasi tersebut, karena saat ini ada cara alternatif yang mampu membuat tubuh menjadi langsing, yakni mengkonsumsi jengkol. Meskipun cara ini terbilang aneh, tapi tidak ada salah dicoba.

Jengkol atau kata bahasa latinnya Archidendron pauciflorum adalah tumbuhan khas asia, dimana di Indonesia jengkol menjadi makan yang banyak penggemarnya.

Foto: ubania.com

Jengkol sendiri memang banyak dibenci tapi tidak sedikit yang menyukai. Dibenci karena mempunyai aroma bau yang khas. Namun mereka yang menyukai karena selain rasanya enak juga dipercaya memiliki khasiat bagi tubuh.

Menurut data dari Institute of Health Sciences, 819 Sweden Riset Biosains. L.L.C. Cause Street, menerangkan bahwa jengkol merupakan buah ajaib untuk membunuh sel kanker dan 10.000 kali lebih kuat dari Kemoterapi. Berdasarkan penelitian pula, jengkol bisa menjadi obat mujarab yang terbukti melawan semua jenis kanker.

Dalam setiap 100 gram jengkol mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap seperti energi 140 kkal, protein 6,3 gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 28,8 gr, kalsium 29 mg, fosfor 45 mg, zat besi 0,9 mg, vitamin A 0 IU, vitamin B1 0,65 mg, vitamin C 24 mg dan masih banyak lagi yang lainnya.

Foto: www.daaruttauhiid.org

Jengkol memiliki khasiat diuretic yang dapat membantu melancarkan pembuangan urine, dan hal ini sangat menguntungkan bagi penderita penyakit jantung koroner.  Seratnya dapat melancarkan buang air besar, dan secara tidak langsung dapat membantu melangsingkan perut yang buncit akibat sulit BAB. Karena itu juga jengkol digunakan sebagai bahan cuci perut yang ampuh selain apel.

Foto: money.id

Sementara itu, jurnal Arthritis Research and Therapy, 18 maret 2010 mengatakan bahwa temuan ini sejalan dengan temuan sebelumnya yang hasilnya regimen diet vegetarian pada penderita artritis yang menunjukkan penurunan tekanan darah, penurunan indeks massa tubuh dan penurunan insiden kardiovaskular.

Dalam studi ini, Johan Frostegard dan koleganya memberikan makanan yang terbuat dari jengkol kepada 38 sukarelawan dan 28 orang lain diberikan makanan diet seimbang yang mengandung zat nukleotida purin setara dengan nukleotida purin dalam jengkol selama satu bulan.

Para peneliti mengatakan dalam laporannya, bukti menunjukkan bahwa nukleotida purin dapat terlibat dalam aktivasi sistem imun yang salah. Para sukarelawan dengan diet menggunakan jengkol mempunyai kadar C reactive protein (CRP) lebih rendah, yang merupakan indikator kadar inflamasi dalam tubuh dari pada dengan para sukarelawan yang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung nukleotida purin setara dengan jumlah dalam jengkol.

Nah, bagi yang sebelumnya mencaci jengkol dan baru mengetahui manfaatnya yang besar tidak ada salahnya mencoba.

(Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *