Dalam Waktu Dekat, Harga Bitcoin Diprediksi Anjlok

PERSEPSI.ID, Jakarta – Harga mata uang virtual Bitcoin diprediksi bisa anjlok.

Direktur investasi Bleakley Advisory Group Peter Boockvar mengatakan, dirinya tak bisa mengestimasi kapan itu akan terjadi, namun ia merasa akan terjadi dalam waktu dekat.

Boockvar menuturkan, ketika pasar mata uang virtual anjlok, maka perilaku investor terkait risiko aset akan berubah. Menurut dia, pasar saham bisa saja ikut melemah, namun ini tergantung pula dengan psikologis investor dan fundamental ekonomi.

“Ketika sesuatu menjadi parabolis seperti ini, biasanya akan berakhir di mana parabola itu terjadi,” tutur Boockvar seperti dikutip dari CNBC, Selasa (23/1/2018).

Boockvar pun menuturkan, dirinya tidak terkejut apabila tahun depan harga bitcoin anjlok ke 1.000 dollar AS hingga 3.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 1,34 juta hingga Rp 4 juta.

Bitcoin mencapai kisaran harga tersebut pada 12 bulan lalu. Sore ini, harga bitcoin berada pada level 10.638,17 dollar AS atau setara sekitar Rp 142,54 juta menurut laman CoinDesk.

Boockvar memandang, anjloknya harga bitcoin dan mata uang virtual lainnya akan sejalan dengan suku bunga acuan di seluruh dunia. Ia menuding bank sentral, termasuk bank sentral AS Federal Reserve, sebagai biang keladi gandrung mata uang virtual.

Sebab, kebijakan easy money bank sentral dirancang untuk meringankan dampak krisis keuangan global.

“Anda harus membayangkan jika kita tidak pernah mendengar soal quantitative easing, apakah akan ada mata uang virtual?” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *